Subscribe:

Selasa, 10 Juli 2012

APA ITU PENGERTIAN DESAIN ?


APA ITU PENGERTIAN DESAIN ?
Istilah desain muncul sebagai hasil pola industri masal yang dimiliki serta pemikiran modernisme dengan azas spesialisasinya. Secara singkat istilah desain dapat diartikan sebagai hasil karya manusia yang harus dapat berfungsi untuk memecahkan suatu masalah (problem solving). Pada awalnya desain disebut sebagai seni terapan (applied arts), untuk membedakan dengan seni murni  (fine arts). Namun setelah perkembangan industri moderen terjadi proses sosialisasi yang memisahkan seni terapan menjadi sebuah bidang tersendiri yang dinamakan desain.

PENGERTIAN DESAIN GRAFIS
Desain grafis awalnya adalah bidang pekerjaan desain yang out putnya adalah karya desain yang dihasilkan melalui proses cetak, namun seiring dengan perkembangannya maka aspek komunikasi visual menjadi titik beratnya sehingga disebut pula sebagai desain komunikasi visual.  Desain komunikasi visual merupakan fenomena baru dalam budaya moderen yang serba visual. Desain komunikasi visual kini mencakup bidang pekerjaan yang lebih luas tidak hanya dibatasi oleh “proses cetak” saja, namun telah mencakup semua hal yang serba visual yang secara fungsional untuk berkomunikasi (contohnya, misalnya pada multimedia).

Desain grafis adalah salah satu salah satu seni terapan yang pada awal-awal perkembangannya dikenal sebagai commercial art atau seni komersial.  Desain grafis berperan dalam kemajuan budaya yang dapat pula diartikan sebagai aplikasi dari seni dan komunikasi untuk memenuhi kebutuhan industri dan bisnis. Di dalam aplikasinya termasuk juga dalam mendukung penjualan produk dan pemasaran serta pelayanan produk pembuatan indetitas visual untuk perusahaan, produk, lembaga, grafis untuk lingkungan, atau rambu rambu (sign system), media komunikasi massa, percetakan, filem dan media elektronik. Desain grafis akan memberi dampak pada upaya mempengaruhi prilaku belanja, sehingga seseorang dapat memilih sebuah produk karena tampilan visual  atau karena terpengaruh oleh iklannya.

Istilah desain grafis atau graphic designer, yang mempunyai arti proses merancang gambar atau bentuk-bentuk visual dwimatra (dua dimensi) untuk kepentingan komunikasi yang fungsional dan efektif. Desain grafis mulanya hanya dimaksudkan untuk bidang desain yang proses akhirnya menggunakan proses cetak tetapi seiring perkembangan desain istilah desain grafis berkembang menjadi desain komunikasi visual karena mencakup bidang lain (non cetak) misalnya  multimedia.
Beberapa bidang desain yang lain misalnya; desain interior, desain produk, dan desain tekstil.


0 komentar:

Posting Komentar